Entri Populer

Kamis, 02 Agustus 2012

Mengenal pencak silat lebih dalam




Di postingan hari ini ,aye akan membahas beberapa yang orang awam belum tahu tentang pencak silat di INDONESIA ,khususnye aye akan membahas tentang CINGKRIK GONING nyang aye pelajarin .

Di mulai dari sesi tanya jawab aye dengan beberapa Orang Awam (disingkat OA) dan Aye (A) ,untuk lebih jelas dan menjawab berbagai pertanyaan tentang pencak silat ,berikut penjelasannya :

1.OA : Apakah PENCAK SILAT efektif untuk membunuh lawan dan berantem dalam kehidupan nyata? kan gerakannya kayak tarian gitu

Jawaban : Mungkin yang ente liat di TV atau di pertunjukkan itu adalah SENI PALANG PINTU ,SENI PALANG PINTU adalah  seni dimana pertunjukkan gerakan pencak silat yang biasanya diselenggarakan di pesta kawinan warga Betawi (untuk lebih jelas search di google dan wikipedia) .Nah Pencak Silat sendiri ,terdapat 3 unsur latihan ,untuk seni ,untuk kejuaraan/prestasi dan untuk murni bela diri .

ya jelas aja di PALANG PINTU lebih mengedepankan tarian agar terlihat indah pertarungannya ,jadi ya kalau aslinya gak akan serumit itu pertarungannya ,akan berlangsung cepat ,karena dalam pencak silat khususnya CINGKRIK ,lawan diharuskan jatuh /patah/mati dalam 1 hitungan ,tidak ada hitungan 2 ,3,4 dll.

Jadi ya pasti sangat efektif ,karena kita tidak butuh tenaga banyak untuk melumpuhkan lawan dan terlebih hanya 1 gerakan ,lawan pasti terjatuh ,dan jangan disamakan di adegan di TV / film ,karena sudah di dramalisir biar menarik koreo grafinya . apa jadinya jika film pencak silat di TV dapat menjatuhkan orang 1 kali setiap pertarungan? penonton pasti bosan dan kabur.

2.OA : Kenapa saya belajar pencak silat udah lama kok cuma dikasih jurus doang ??? gak dikasih makna dan aplikasi ,gimana mau berantem???

jawaban : Pencak silat ,semua gerakan aplikasinya baik bacok ,pancer ,potong tujuh ,bandut ,singkur,lambet ,gedor dll itu dasarnya adalah di jurus . Apabila seorang yang baru latihan atau dikatakan lah baru daftar pencak silat langsung dikasih aplikasi ,dia memang bisa menggunakan ,tapi tidak akan MEMATIKAN DAN LENTUR/LENGKET gerakannya . Maka dari pada itu ,para guru pencak silat khususnya ,tidak akan memberikan aplikasi ,jika jurus aja pada belum bener . Apa jadinya ,seseorang yang belum bisa baca tulis tapi dinaikkan kelas dan ikut ujian kelas 6SD? pasti akan sulit untuk yang berikut-berikutnya . Dan untuk dicatat ,bahwa mempelajari pencak silat itu sangatlah sulit dan tidak mudah , ingat kata sherlock holmes "apa apa yang kelihatan mudah ,sebenarnya mempunyai misteri yang sangat sulit " begitu juga pencak silat yang sulit sekali ,bahkan yang latihan 5-7tahun saja belum mencapai level pendekar ,maka dari itu dalam latihan harus sabar ,tapi sekali dapat ,walau cuma 1 jurus ,percayalah ,sangat mematikan lawan .

3.OA : Mengapa mau latihan pencak silat sarana dan prasarana gak mendukung? saya jadi ga semangat latihannya nih?

jawaban : pencak silat di indonesia yang masih asli ,biasanya sifatnya tradisional dan masih paguyuban atau kekeluargaan ,jadi jangan heran jika suasana latihan pun masih sangat sederhana ,seperti di padepokan ,depan masjid ,halaman ,di tepi pantai dll. Terlebih tidak didukung oleh pemerintah pusat yang harusnya mengembangkan dulu bela diri lokal ,ketimbang bela diri asing . Jadinya ,pencak silat harus berjalan dengan KAKI SENDIRI dengan tanpa bantuan PEMERINTAH ,maka dari itu harap dimaklum tentang hal itu . Tapi jikalau memang semangat latihan ,masih banyak kok pendekar latihan yang seadanya yang memiliki ilmu tingkat tinggi ,walaupun tidak kelihatan ,karena di dalam pencak silat diajarkan untuk selalu rendah hati dan sebisa mungkin tidak mencederai lawan dan selalu menjaga emosi ,pikiran dan tindakan .

4.OA : apa kelebihan pencak silat dibanding bela diri lain?

jawaban : kelebihannya jelas seperti dibahas di atas , pencak silat memiliki 3 unsur yang bisa digabung atau dipecah tidak seperti bela diri lain . Bagi yang ingin olahraga saja bisa ,bagi yang ingin seni bisa,bagi yang ingin bela diri bisa ,bagi yang ingin masuk IPSI bisa,bahkan yang ingin langsung mematikan lawan juga bisa . jadi tergantung pilihan masing-masing saja . Lalu ,di dalam pencak silat ,seseorang di ajarkan pancer / movement gerakan dari satu kaki ke kaki lain dengan cara seser /seret ,jadi dalam pencak silat kaki jarang mengangkat ,tapi di seret . jadi jika sudah pendekar ,biasanya langkahnya seperti berjalan di atas air dan sulit di kejar karena gesit pergerakannya . Lalu kelebihan yang paling utama adalah ,di dalam pencak silat ,kita tidak pernah diajarkan pukul berkali kali atau membabi buta ke lawan ,karena bisa menguras stamina ,maka dari itu letak sulitnya adalah ,bagaimana satu pukulan mengenai vitalitas lawan dan langsung roboh ,di situlah kelebihan pencak silat yang sebenarnya tidak ada dalam bela diri lain .

Untuk hari ini segitu dulu ,nanti saya post lagi yang berikutnya ,jangan lupa di share ke orang lain ya dan tetap lestarikan pencak silat agar jangan sampai punah !

wassalam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar