Entri Populer

Kamis, 02 Agustus 2012

Mengenal pencak silat lebih dalam part 2



1.Tanya : Apakah pencak silat identik dengan ilmu hitam seperti di film film ? dapat terbang,kebal bacok bisa menghilang dan sebagainya?

Jawab : Tentu tidak ,dalam pencak silat ilmu seperti itu tidaklah di ajarkan,kecuali tenaga dalam yang memang dapat dibuktikan secara ilmiah bukan merupakan bantuan jin/syetan ,mungkin waktu jaman dahulu memang ada beberapa ilmu seperti RAWA RONTEK dsb ,tapi ilmu itu kini sangat sulit ,terlebih untuk mempelajari ilmu itu harus memiliki jiwa yang gak sembarangan suci nya. Untuk jaman sekarang ,jarang sekali orang memiliki ilmu itu ,karena ilmu itu digunakan pada waktu dulu jaman penjajahan dan memang penggunanya memiliki ilmu kesaktian serta kealiman yang teramat sangat . Apakah anda sanggup menjalani itu semua? seperti puasa 40hari puasa melek,banyak pantangan sepertti tidak boleh makan sesuatu dll . Saya rasa di era modern ini jarang sekali seperti itu ,,kecuali tenaga dalam . Ilmu itu jelas bukan pencak silat dan berlainan ,itu adalah tenaga kebatinan yang jelas berbeda dengan unsur pencak silat yaitu bela diri.

2.Tanya : Apakah pencak silat identik dengan agama tertentu saja?

Jawab : Tentu saja ,malah di perguruan saya di CINGKRIK GONING banyak dari guru wushu ,aikido ,tinju dll belajar disini juga yang tentunya dari agama budhha ,kristen yang malah sudah menjadi senior pencak silat dan latihan ber tahun - tahun hidup rukun dengan yang lainnya kok . Di islam ,kita selalu menghargai perbedaan agama dan di pencak silat khususnya ,menerima siapapun yang ingin belajar dengan tidak memandang dia siapa ,asalkan bisa menjaga amanat dari guru agar ilmunya tidak diselewengkan untuk kejahatan pasti akan diterima dengan hangat disini.

3.Tanya :Pencak silat aliran apa yang paling bagus?  dan harus pilih aliran mana saya masuk ? soalnya ada banyak,saya jadi bingung?!?!?!?!?!?!?!?!?

jawab : Semua aliran pada dasarnya sama dan bagus ,jadi tidak ada yang paling bagus dan paling jelek ,tergantung kebutuhan dan kesukaan individu saja mau memilih yang mana. Sebagai contoh ,jika suka pukulan pilihlah BEKSI ,jika suka maen senjata pilihlah GOLOK SELIWA ,bila suka membanting pilihlah CINGKRIK ,bila suka permainan bawah pilihlah silek HARIMAU ,bila suka tenaga dalam pilihlah MERPATI PUTIH dsb . Masing - masing perguruan pasti memiliki kelebihan tersendiri dan bagus-bagus ,yang membedakan adalah praktisinya / orangnya saja .



4.Tanya: Mengapa saat pertandingan SEA GAMES pencak silat hampir sama kayak KARATE cara bertarungnya hanya pukul dan tendang saja?

jawab : apa jadinya jika saat SEA GAMES memakai jurus colok mata ,menendang kemaluan ,memukul jakun ,mematahkan kaki tangan dll ?  jelas itu akan jauh dari unsur olahraga ,padahal di pencak silat diajarkan itu semua karena memang bagian vital lah yang diserang . Tapi untuk pertandingan ,tidak mungkin hal itu dilakukan karena menyangkut keselamatan atlet sendiri ,makanya hanya teknik pukulan,tendangan dan sapuan saja yang ada di pertandingan.

5.Tanya: Apakah pencak silat bisa diikuti semua kalangan ? sepertinya gerakan nya terlalu rumit

jawab : tentu ,banyak anak kecil masih di bawah umur dan orang tua yang baru belajar latihan juga ,sepertinya  latihan itu sampai akhir hayat asal kita niat ,pasti dijalani . 
lagi pula pencak silat tidak mengandalkan otot ,melainkan TEHNIK ,jadi bisa dipelajari oleh siapapun termasuk PEREMPUAN .

untuk tanya jawab kali ini sekian dulu dan INSYA ALLAH jika ada waktu akan ane lanjut .
Salam persaudaraan

Wassalam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar