Entri Populer

Selasa, 13 September 2011

Apa sih tujuan kuliah sebenarnya?





Apa sih tujuan kuliah????????? Mungkin ini adalah salah satu pertanyaan di benak pikiran para mahasiswa dan mahasiswi se indonesia yang masih bingung dengan arah tujuan hidupnya. Di thread kali ini,saya akan membagi ilmu yang saya dapat dari dosen Manajemen Keuangan saya di TRISAKTI pada tanggal 13-9-2011.

Kalau ditanya pertanyaan itu,kita mungkin dapat menjawab beragam seperti:
1.Ingin sukses
2.Mengejar karier
3.Meneruskan karir orang tua
4.Disuruh orang tua
5.Belajar pengetahuan
6.Menambah teman/relasi
7.Mencari kerja
dll

Ok ,kita akan membahas satu per satu dari statement di atas,berdasarkan jawaban dosen ane:
1.Kalau ingin sukses,gak perlu kuliah kali,bisa juga dari hal lain kayak berjualan ,buka usaha dll  (dalam hati) "oh iya ya,berarti salah kalau tujuan saya itu"
2.Kalau Ingin mengejar karier,ngapain kuliah boy? mending lo asah terus bakat / hobi lo,misalnya lo hobi nyanyi ,lo ikut aja ajang indonesian idol dll (dalam hati) "bener banget tuh dosen"
3.Kalau Karena ingin meneruskan karir orang tua,ngapain kuliah cuy? mending lo tunggu bokap pensiun ,lo jadi direktur deh . (dalam hati) "tepat sekali"
4.Kalo karena disuruh orang tua,mending tidur aja deh ente di rumah,daripada cape cape berangkat ga ada hasil apa-apa
5.Kalo karena cuma mau belajar,buat apa kuliah? belajar bisa darimana aja kok
6.Kalo cuma mau cari relasi,mending jadi calo atau anak tongkrongan,pasti banyak temen deh
7.Kalo cuma cari kerja,buat apa kuliah ? toh gaji lo kecil juga kok

Tapi ada 1 hal yang anda tidak sadari apa TUJUAN KULIAH sebenarnya,yaitu INVESTASI ILMU.
Ini yang banyak orang tidak tahu bahwa KULIAH adalah INVESTASI ilmu yang SANGAT BERGUNA untuk masa depan.Mengapa dosen saya bilang begitu? itu semua karena,apabila ilmu yang diberikan sama DOSEN dimanfaatkan dengan baik,dalam arti benar benar dipahami,kita di kelas tidak bercanda,main HP dll,,,,Ilmu yang kita dapat ,dapat menjadi uang yang berguna untuk masa depan kita ,lebih dari UANG.

Dengan cara apa ilmu itu di praktekkan? Dengan cara kita menjadi seorang entrepreuneur sejati yang berbekal skill dan pengetahuan ,bukan hanya PENGALAMAN dan MODAL NEKAT.

Nabi Muhammad SAW juga mengajarkan umatnya untuk terus belajar,karena kalau kita pintar,ilmu lah yang menjaga kita,tidak seperti uang yang yang harus selalu kita jaga.

Lagipula,kalau kita mempunyai kepintaran,kita tidak akan mudah dibodohi orang dan terlebih lagi kita bisa beramal ilmu pengetahuan yang amalannya hingga kiamat baru putus.

Nah ,bagaimana cara kita agar INVESTASI itu tidak sia sia?
jawabannya adalah HARGAILAH WAKTU walaupun cuma sedikit,karena waktu tidak pernah berputar lagi.

Jangan pernah gampang untuk telat masuk pelajaran,buang waktu sia sia dengan cara merokok di luar kelas,di WC dll.

Karena ternyata ,apabila di kalkulasikan,kerugian orang tua kita selaku orang yang membayari kita akan kuliah,itu sangatlah besar.
Mungkin pada thread selanjutnya akan saya bahas tentang kalkulasi biaya total kuliah yang membuat anda terkejut dan semoga dapat membuka mata anda yang selama ini main-main dalam kuliah.

Sekian thread ane kali ini,semoga bermanfaat !!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar