Entri Populer

Sabtu, 15 September 2012

Di manakah batas antara harga diri dengan kesabaran?

Di manakah batas antara harga diri dengan kesabaran?

Jawaban Terbaik - Dipilih oleh Penanya

Pertanyaan yg bagus!

Harga diri tentu punya patokan, dan yang biasa membatasinya adalah prinsip. Toleransi kesabaran memang punya batas yang berbeda-beda tiap orang, tergantung dari sisi mana dia memandang kepentingan dari berlaku sabar atau tidak. Kesabaran adalah baik adanya, dalam pengertian pertanyaan kamu kupahami kesabaran dalam hal menahan diri terhadap sebuah cobaan, menyangkut harga diri tentu saja batas-batasnya ada di tindakan pelecehan atau kesewenangan, maka kesabaran berupa toleransi tak perlu digunakan lagi.
Penilaian Penanya:
4 dari 5
Komentar Penanya:
Terimakasih atas jawabannya. Saya sangat puas dengan jawaban yang Anda berikan.

Jawaban Lain (6)

  • Salam Persahabatan,
    "Harga diri dan kesabaran", dua kata yang mempunyai "subjek" yang sama yaitu individu. Harga diri pada dasarnya tercipta karena "proses". Proses dari keadaan si manusianya lahir kedunia sudah mempunyai "harga diri" yaitu mahluk yang paling mulia dari semua mahluk ciptaan Tuhan. Sering kali dalam proses manusia tergelincir ke lembah kenistaan/ dosa. Karena manusia alpa, tidak sabar dalam menjalani proses pendewasaan diri sebagai mahluk yang paling bermatabat diantara semua mahluk Tuhan lainnya.
    Peranan lingkungan ( keluarga, masyarakat) dapat mempengaruhi kedewasaan seseorang. Seseorang yang dulunya penyabar karena keadaan lingkungan tidak mendukung, maka dia akan berubah ke hal yang negatif. Cermin lingkungan mempengaruhi "harga diri" dan kesabaran seseorang.
    Contoh kasus: si X lahir dari keluarga baik-baik ( tekun beragama- red). Ketika si X lahir ibunya meninggal dunia. Singkat cerita kasih sayang dari seorang ibu tidak dia rasakan sama sekali. Setelah dewasa, karakter si anak di tempa oleh berbagai lingkungan. Keras nya kehidupan sudah menjadi makanan sehari-hari. Harga diri menjadi tidak diperdulikan karena tuntutan keadaa (survive).
    Kesabarannya tidak ada, gampang marah, mudah tersinggung. Intinya harapan menjadi anak kebanggan orang tua dan masyarakat, terabaikan olehnya. Hingga tulisan ini si X berada dilingkungan yang baru dan cukup baik di jadikan tempat bercermin. Bercermin pada hal-hal yang dapat menjaga harga diri dan kesabaran sebagai mahluk Tuhan yang paling mulia.
    Kemuliaan harga diri si manusia dapat terpelihara dengan baik bila lingkungan yang baik. Kompleksitas penjagaan harga diri dari sudut pandang manusia absurd. Harga diri tercipta karena materi. Kalau dari sudut pandang agama suatu hal yang hakiki/ mutlak dari Tuhan.
    Kesabaran sejati adalah milik Tuhan, manusia tidak lepas dari alpa dan dosa.Marilah kita menjadi cermin di lingkungan kita berada."bercerminlah pada air yang jernih". Artinya bercermin pada hal-hal yang baik menurut aturan agama dan aturan masyarakat.
    Akhir kata , semoga jawaban ini memberikan manfa'at.
    salam persahabatan.

    materi referensi:

    " Lingkungan sehari- hari"
  • nyesek juga sih, kita udah sabar 7 turunan tapi tuh orang bawaannya marah-marah ato sok nyari kesalahan. kalo aku sih, bikin batasan model lampu merah, kalo udah keterlaluan tampar mulut juga hayyo! (emang berani???)
    hehehehe....

    harga diri sama kesabaran itu satu atap, satu rumah. jadi kalo ada orang yang mo nginjak-nginjak anda, cukup ucapkan 1 kata, "betapa rendahnya orang itu." memang risetnya, orang yang cuma bisa ngomong banyak, tukang ngedumel itu.... dia justru lebih rendah dari kita sendiri.
  • Menurut saya, kesabaran adalah titik paling kiri, sedangkan harga diri adalah titik paling kanan. Di antara keduanya itulah kita bersikap /berbuat. Sandaran kesabaran adalah perintah dari Allah SWT, Sang Maha Pencipta. Sedangkan sandaran harga diri adalah ego kita. Masalahnya, tidak jarang, ada di antara kita yang bersembunyi di balik bingkai kesabaran untuk menutupi ketakutan. Dan, bersembunyi di balik harga diri untuk menutupi kebodohan karena ketidaktahuan akan sesuatu. Jika kurang tepat, mohon maaf.

    materi referensi:

    Kata Hati
  • disaat kesabaran sudah tidak dapat berbicara.
    lebih baik gunakan cara kekerasan
  • Harga diri bagi setiap orang berbeda-beda ukuran tergantung dari:
    -nilai norma2 agama yang dianutnya
    -nilai norma2 budaya
    -nilai ilmu
    -nilai materi
    Seseorang yang memiliki pemahaman yang tinggi dalam ke4 nilai2 tersebut diatas maka akan bepengaruh kuat pada cara pandangnya terhadap ukuran harga diri yang ditempatkannya dalam dirinya.Dan harga diri yang diperuntukan untuk dirinya adalah sesuai formula yang diraciknya dari keempat nilai2 diatas.

    Dan jika dia seorang yang bijak maka semakin tinggi pemahamannya akan apa yang disebut dengan harga diri maka akan semakin tinggi pula tingkat kesabaran yang dimilikinya dalam menghadapi berbagai macam tempaan yang datang dalam kehidupannya.

    Batas antara keduanya sangat relatif sekali.

    Demikian semoga bermanfaat..........
  • harga diri manusai itu sangat tinggi dan ada yg rendah..
    tp kita tidak dpt mengukurny.. krn smua orang mempunyai hati yg luas.. klo ada yg bilang hati sempit... brarti dia g bs melihat perasaan orang lain.. bukan berarti tak terbatas.. di mata Allah itu amat lah terbatas..
    begitu pula dengan kesabaran.. kesabaran orang terkadang tidak dpt di ukur.. tp jgn kita membuat kesabaran itu menjadi marah..
    • 3 tahun lalu


      sumber : yahooanswer

Tidak ada komentar:

Posting Komentar